Pages

Selasa, 24 Juli 2012

SURAT UNTUK ANAK INDONESIA


[IM-HAN]  Salam ceria anak anak Indonesia?  Lagi ngapain nich? Lagi belajar, baca buku, bermain bersama kawan atau kumpul bareng keluarga? Kakak harap kalian dalam kondisi yang baik  dan punya semangat tinggi dalam meraih cita cita adik adik semua.
Oh ya,kakak ucapkan selamat hari anak nasional ya! .Semoga di hari yang bersejarah ini adik adik lebih semangat belajar demi meraih impian yang selama ini adik harapkan. Kalian adalah  generasi muda yang akan melanjutkan cita cita bangsa ini. Berbagai harapan yang  dipercayakan kepada kalian sehingga nasib bangsa ini ada di pundak adik masing masing .

                                    sumber gambar: agitha.wordpress.com
Namun melihat kondisi sekarang ini,sungguh memprihatinkan keadaan anak anak Indonesia sekarang ini apalagi menyangkut masalah pendidikan saat ini. Ruang sekolah yang tidak layak, eploitasi anak , masih minimnya sekolah yang bermutu  dan juga adanya keterbatasan guru di sekolah terutama di daerah yang terpencil.Yah inilah yang menjadi potret kondisi pendidikan anak  Indonesia sekarang ini.
   Untuk menuntaskan masalah ini apalagi yang menyangkut masalah pendidikan maka dibutuhkan adanya campur tangan dari pemerintah dalam menanggulangi masalah ini.   Menurut kakak ada banyak hal yang bisa dilakukan pemerintah  dalam memperbaiki  sistem pendidikan  di Indonesia yaitu:

     1.Memperbaiki sarana dan prasarana yang ada di sekolah  seperti pembangunan laboratorium,perpustakaan  dan adanya pembenahan bagi kelas  yang rusak.

 2.Memperbaiki  mutu buku yang beredar selama ini sebab banyak ditemukan buku buku yang tak layak dibaca bagi anak anak seusia mereka

     3.Memudahkan akses pendidikan apalagi buat golongan menengah ke bawah untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan murah.

      4.Meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidikan seperti guru honor dan guru bantu sehingga hal ini bisa menambah motivasi  para tenaga pendidik untuk mengajar

     5.Memberikan beasiswa kepada keluarga yang  masuk dalam golongan menengah ke bawah.

              6.Melakukan pengawasan dan penilaian terhadap kualifikasi tenaga pendidik

      7.Selain kegiatan akademik pemberian kegiatan ektrakurikuler kepada anak anak juga penting untuk meningkatkan kemampuan lain dari anak anak seperti mengembangkan hobi mereka dalam dunia olahraga dan dunia seni

    8.Meningkatkan kurikulum pendidikan  yang berciri khas dari daerah masing maisng seperti pengenalan tentang kebudayaan serta sejarah dari daerah mereka sehingga menanamkan sejak dini sikap cinta budaya sendiri di tengah jaman ini dimana banyak anak anak tak mengenal budayanya sendiri karena pengaruh dari dunia barat .

     9.Pihak pemerintah melakukan penyebaran guru dan tenaga pendidikan yang merata di setiap wilayah sehingga anak anak Indonesia mendapat pendidikan yang lebih baik .

  Saya bangga melihat prestasi anak anak Indonesia  akhir- akhir ini. Ada yang meraih prestasi dalam bidang olahraga, bidang robotika,bidang musik dan dunia akademik. Prestasi prestasi kalian sungguh membangakan . Adik adik telah membawa nama harum Indonesia dan membuktikan kepada dunia internasional  bahwa anak anak Indonesia punya prestasi. Kakak harap, kalian semua mempertahankan prestasi ini, terus berlatih ,terus belajar  demi  mendapat hasil yang maksimal.
 Saya harap juga adik adik  menikmati masanya sebagai seorang anak anak. Jangan terpancing dengan dunia luar dimana kebanyakan anak anak sekarang yang car hidupnya mengikuti pola hidup orang dewasa. Menyanyikan lagu lagu cinta,berpenampilan layaknya seorang dewasa dan melakukan kegiatan tak terpuji seperti  merokok dan berjudi . Tapi cintailah hal hal yang sesuai gaya hidup anak anak seperti menikmati musik anak anak,berpakaian layaknya anak anak dan tentunya rajin belajar.
gambar dari ariefelmayor.blogspot.com

 Bagi adik adik yang putus sekolah,jangan khawatir.Kakak punya loh  tempat yang menarik untuk kalian tempatin  belajar dan bermain. Namanya Komunitas Peduli Anak Jalanan. Disini adik adik tak hanya belajar tentang pelajaran yang diajarkan di sekolah sekolah  pada umunya  tapi kakak bersama teman teman kakak akan mengaja  juga menari,menggambar,menyanyi,berolahraga dan masih banyak lagi. Semua ini kakak sediakan gratis. Jadi tunggu apalagi,segera gabung ya!
Kakak harap adik-adik  tidak terpengaruh  budaya luar yang negatif . Jangan sampai pengaruh perkembangan zaman membuat adik-adik asyik dengan dunianya sendiri. Janganlah adik adik justru menutup diri dengan disibukkan dengan permaianan online, sibuk jejaring sosial seperti facebook karena hal itu hanya menurunkan daya kemampuan berpikir adik adik loh!. Banyak loh kegiatan yang bisa adik-adik lakukan seperti belajar kelompok, melakukan olahraga, mencintai permaianan tradisional yang banyak. Dalam permaianan tradisional banyak hal bisa adik adik peroleh mulai dari mengasah kemampuan komunikasi, mengajarkan bagaimana bekerjasama, ada unsur olahraganya  dan melatih otak untuk bernalar dan berimajinasi. Atau adik-adik bisa juga gabung di tempat yang punya banyak kegiatan positif selain di sekolah seperti gabung dalam klub sepakbola junior,gabung dalam sanggar, kursus musik,kursus bahasa dan banyak lagi.
Kalau adik adik berprestasi  maka mamfaatnya  bukan hanya adik  adik rasakan sendiri tetapi juga turut membanggakan orang tua dimana semua orang tua di dunia berharap anaknya menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara .Secara tidak langsung  adik adik  juga mengharumkan nama Indonesia sampai ke luar negeri
Oh ya adik adik ,walaupun penjajah sudah tidak menjajah Indonesia tapi sebenarnya kita belum merdeka loh! Kita  belum merdeka dari yang namanya kebodohan dan kemiskinan.Asal adik adik tahu ya,masih banyak loh orang-orang yang belum bisa membaca/buta huruf dan juga  masih banyak orang yang tak punya pekerjaaan sehingga orang orang miskin ada dimana mana.Nah disinilah peranan adik adik untuk  memajukan  dan memberantas kebodohan dengan belajar dengan tekun agar adik adik bisa memajukan negara tercinta kita ini.
Sekian dulu surat dari kakak ya!. Ingat selalu  pesan yang pernah kakak kakak sampaikan terus belajar dengan rajin sebab Indonesia menantimu. Ayo senyum anak anak Indonesia,semangat terus, maju terus pantang mundur.

DATA IDENTITAS DIRI
a. Nama lengkap : Heriyanto Rantelino
b. TTL: Rantepao, 7 Mei 1990
c. Nama sekolah/ universitas/ instansi: Universitas Hasanuddin Makassar
d. Email: ex4_ryan@yahoo.co.id
e. Nomor kontak (telp/ hp):085242441580
f. Alamat pos lengkap: Jalan perintis Kemerdekaan IV lorong 9 Depan SMU Sulaeman Makassar,Sulawesi Selatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar