Pages

Jumat, 31 Agustus 2012

Yuk ,Bangkitkan Indonesia melalui Penggalangan Dana Online dengan Marimembantu.org






Ibadah yang murni,ibadah yang sejati dan tak bercacat di hadapan Allah adalah dengan membantu  anak yatim, membantu janda janda dan orang orang yang dalam kesusahan. Kata ini saya dengar dalam ceramah dalam acara keagaman yang dibawakan oleh salah satu tokoh agama di televisi.Kata kata inilah yang menjadi motivasi saya dalam melakukan berbagai kegiatan sosial baik itu  kegiatan  yang berskala kecil maupun berskala besar.
Kegiatan sosial yang pertama kali saya lakukan ketika menyambangi anak anak yatim piatu di panti asuhan Tagari yang merupakan satu satunya panti asuhan yang ada di kotaku. Bersama dengan kawan sekolahku,kami mendatangi panti asuhan ini. Pada saat itu kami datang sekitar 40 orang. Masing masing dari kami sepakat untuk mengumpulkan uang seiklasnya untuk dibelikan keperluan sehari hari bagi anak yatim di tempat ini. Selain itu masisng masing dari kami membawa kado yang berisi barang barang yang sudah tidak kami pakai lagi tapi masih layak dipergunakan anak anak di tempat ini. Saat itu,kami dihibur pula dengan penampilan permaianan kolintang dari anak anak di panti asuhan ini. Kami berbagi keceriaan dan kebahagiaan dengan anak anak di panti asuhan ini. Kedatangan kami di tempat ini membuat mereka terhibur,hal ini terlihat dari raut wajah yang ceria diselingi canda dan tawa. Kami sejenak membawa sedikit kebahagiaan di tengah jiwa sepi mereka yang ditinggalkan orang tua mereka. Banyak hal yang aku petik dari kegiatan ini salah satunya yaitu walaupun mereka mendapat kurangnya perhatian dan kasih sayang  dari orang tua tapi  tak membuat mereka putus asa  .Justru mereka tetap ceria, masih bisa tersenyum , tak menyerah, dan tetap berjuang dalam meraih cita cita  mereka.
Kegiatan kedua yang pernah saya lakukan yaitu menyambangi lembaga permasyarakatan di daerahku. Saat itu aku bersama teman temanku yang berjumlah 13 orang mendatangi tempat ini. Kami berbagi kebahagian dengan  para narapidana di tempat in. Dengan mengundang tokoh agama,kami melakukan ibadah bersama. Kami juga mempersembahkan beberapa lagu untuk menghibur mereka. Salah satu narapidana di tempat ini berterima kasih kepada kami karena kami bisa sedikit mengobati kerinduan kepada keluarganya terutama rasa kangennya pada  anak anaknya yang ada di perantauan. Ada ketenangan batin yang saya rasakan melihat keceriaan di wajah mereka yang saya anggap sebagai keluarga saya sendiri.
Kegiatan ketiga yang saya lakukan yaitu melakukan pengajaran kepada anak anak jalanan yang ada di kota Makassar. Bersama dengan relawan relawan lainnya yang kebanyakan berasal dari kalangan mahasiswa kami berkumpul dan mengajarkan berbagai hal . Anak anak jalanan yang kami ajar rata rata anak yang tidak bersekolah. Ada rasa prihatin kami kepada mereka  jika mereka tidak mendapat pendidikan dan  kelayapan  di jalanan.Dalam komunitas ini kami mengajarkan berbagai hal ,baik yang bersifat akademik seperti berhitung dan membaca dan juga mengajarkan  pengajaran mengenai  keterampilan khusus  sesuai minat mereka seperti menggambar,menyanyi,menari dan masih banyak lagi. Ada rasa kepuasan tersendiri ketika melihat mereka bisa berprestasi di tengah kehidupan yang serba sulit.
Kegiatan lainnya yang rencana saya lakukan dalam waktu dekat ini yaitu melakukan pemberdayaan kepada kaum pekerja seks komersial dan para waria. Adapun hal yang rencana kami lakukan adalah , pertama yaitu memberikan pelatihan keterampilan dan pelatihan kewirausahaan dengan melakukan kerja sama  dengan berbagai pihak dari  instansi pemerintah dan masyarakat dalam hal pengembangan skill bagi mereka yang kelak nantinya dapat diandalkan sebagai pekerjaan yang halal dan lebih menjanjikan ke depan seeprti menjahit, membuka usaha salon dan membuka usaha kuliner. Yang kedua yaitu dengan bekerja sama dengan instansi pemerintah dalam memberikan layanan konseling dan penyuluhan sosial kepada waria agar mereka mendapat pengetahuan yang cukup dan mereka dapat mengetahui dampak negatif baik itu bagi kesehatan maupun pada masyarakat jika mereka tetap bekerja sebagai PSK. Dengan kegiatan ini  kami harapkan  dapat mengurangi aktivitas  mereka yang selama ini meresahkan masyarakat.
Sebagai sesama manusia layaknya kita saling membantu. Kita berkewajiban bisa membantu sesama kita yang ada dalam kesusahan.Selain kegiatan sosial yang pernah saya lakukan di atas, saudara saudara sekalian pun bisa melakukan kegiatan sosial lainnya.Oleh karena itu agar kegiatan sosial ini bisa berlanjut dan ditingkatkan ,saya mengajak saudara saudara untuk berzakat  di Lembaga Zakat Dompet Dhuafa. Lembaga ini adalah lembaga yang terpercaya karena telah bertahun tahun mengelola berbagi zakat. Jadi jangan ragu untuk berzakat di lembaga.Selain itu saudara saudara juga bisa berpartisipasi dalam kegiatan mudah sedekah secara online dengan Marimembantu.org. Media ini adalah media  terpercaya,mudah,cepat,aman dan tidak diragukan kredibilitasnya. Oleh karena itu jangan ragu berperan aktif dalam media ini. Caranya cukup mudah,cukup klik website http://marimembantu.org, maka saudara saudara akan dapat info dan cara yang lebih jelas dalam memberikan zakat anda
Dengan bersedekah,pahala anda di akan ditambahkan karena ibadah yang murni, ibadah yang sejati dan tak bercacat di hadapan Allah adalah menyambangi anak yatim,janda janda dan orang orang yang dilanda kesusahan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar